Monday, June 4, 2012

Inilah Plus-Minus Lini Gempur Inggris


LONDON – Euro 2012 menjadi ajang pembuktian bagi Roy Hodgon untuk menunjukkan kapasitasnya sebagai pelatih yang pantas menukangi Timnas Inggris. Pasalnya, selama ini publik lebih mengelu-elukan Harry Redknapp sebagai sosok tepat menggantikan posisi Fabio Capello.

Salah satu indikator yang menentukan suksesnya sebuah Timnas adalah jitunya sang pelatih dalam memilih pemain. Hodgson sudah mengumumkan 23 pemain yang ia bawa ke Euro 2012, di mana empat di antaranya berposisi sebagai striker yaitu Dany Welbeck, Andy Carroll, Wayne Rooney, dan Jermaine Defoe.

Tentu, tidak semua pendukung Inggris setuju dengan keputusan Hodgson. Namun, legenda Inggris Alan Shearer memiliki analisis mengenai kelebihan dan kekurangan para bomber pilihan Hodgson, seperti yang ia tulis di The Sun, Senin (4/6/2012).

Berikut ulasan pengoleksi 63 caps bersama The Three Lions itu:

Danny Welbeck
Pergerakan dan penyelesaian akhir merupakan kelebihan yang dimiliki penyerang Manchester United ini. Kelincahannya mampu menarik perhatian para pemain belakang lawan dan hal itu terlihat tatkala ia mencetak satu-satunya gol ke gawang Belgia pada laga ujicoba Sabtu (2/6) lalu.

Namun, di usianya yang baru menginjak 21 tahun, ia dinilai masih terlalu ‘hijau’ untuk berlaga di kompetisi sebesar Euro. Bahkan, selama babak kualifikasi Euro 2012 saja, ia hanya bermain satu kali. Meski demikian, gol yang ia ciptakan kemarin bisa meningkatkan kepercayaan dirinya.

Andy Carroll
Dengan tinggi badan 191 cm, sudah jelas bahwa Carroll merupakan pemain dengan perawakan yang ideal untuk seorang striker. Tidak hanya piawai dalam berduel bola-bola atas, akurasinya dalam melakukan sundulan ke gawang lawan juga sangat layak untuk diperhitungkan.

Meski begitu, ia bermasalah dalam urusan kepercayaan diri. Kepindahannya dari Newcastle United ke Liverpool dinilai sebagai salah satu transfer terburuk di Premier League, karena penampilan yang ia tunjukkan tidak sepadan dengan harganya yang mencapai 41 juta Euro.

Wayne Rooney
Tidak berlebihan kiranya jika predikat striker terbaik Inggris pantas disematkan kepada mantan pemain Everton ini. Naluri mencetak gol dan visi yang ia miliki dalam memberi umpan-umpan matang menjadikannya sebagai striker kelas dunia.

Alasan mengapa ia tidak bisa tampil di dua pertandingan awal Euro 2012 adalah karena ketidakmampuannya mengontrol emosi. Jika Rooney belum mampu belajar dari kesalahannya, ia bisa dimanfaatkan oleh para pemain belakang lawan untuk melakukan hal serupa saat berlangsungnya turnamen.

Jermain Defoe
Saat dimasukkan di babak kedua pada ujicoba melawan Belgia, sabtu lalu, Defoe seakan menghidupkan kembali lini depan Inggris. Pergerakan serta kemampuannya melakukan tembakan di kotak penalti lawan bisa menjadi senjata Hodgson saat bek-bek lawan mulai kelelahan.

Sejak musim 2010/11, pelatih Tottenham Hotspur Harry Redknapp tidak mempercayakannya bermain secara reguler. Hal itu menyebabkan penyerang berusia 29 tahun itu kehilangan konsistensi permainan terbaiknya baik di kompetisi domestik maupun ajang internasional.



Sumber]]>

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan pesan | Auto Approve Blog | Prediksi Bola

adminutama's Profile on Ping.sg 
loading...
Worldbannerexchange Banner
Worldbannerexchange BannerWorldbannerexchange Banner

Followers