Friday, June 8, 2012

Siapa jagoan di Euro 2012? - Prediksi dan Jadwal Euro 2012

Hari ini Jumat 8 Juni 2012, Piala Eropa akan segera berlangsung. Pertandingan pertama yaitu akan bertanding antara tuan rumah Polandia dan Yunani Jumat 8 Juni 2012 jam 21.00 WIB. Tentu diantara pecinta sepakbola memiliki jagoannya masing-masing.

Berikut negara peserta di Piala Eropa 2012
Group A: Polandia, Yunani, Russia, Republik Ceko
Group B: Belanda, Denmark, Jerman, Portugal
Group C: Spanyol, Italia, Kroasia, Irlandia
Group D: Ukraina, Swedia, Francis, Inggris



Prediksi pertandingan di Grup A (Polandia, Yunani, Russia, Republik Ceko)

Polandia bisa saja lolos dari penyisihan grup A. Polandia memiliki keuntungan karena akan didukung banyak suporter sebagai tuan rumah. Disamping itu, tim ini memiliki kualitas pemain bermental juara termasuk trio Borussia dortmund yaitu Lukasz Piszczek, Jakub Blaszczykowski dan Robert Lewandowski. Ketiga pemain ini akan menjadi andalan Polandia di Euro 2012. Pada  uji coba terakhir jelang Piala Eropa 2012, Portugal dan Jerman bisa ditahan imbang oleh Polandia. Bahkan mereka bisa mengalahkan Argentina dengan skor 2-1. Polandia juga menang 1-0 melawan Latvia pada 22 Mei. Setelah itu mereka menang dengan skor sama saat menghadapi Slovakia pada 26 Mei. Polandia juga menang dengan skor 4-0 melawan Andorra pada 2 Juni 2012.

Yunani yang pernah menjuarai Euro 2004 tentu ingin mengulangi lagi di Euro 2012 ini. Yunani memiliki striker senior Georgios Samaras sebagai penyerang andalan tim nasional Yunani. Pada babak kualifikasi Piala Eropa 2012, Yunani merupakan tim yang tidak terkalahkan. Namun pada laga ujicoba, Yunani tidak tidak begitu bagus. Dari 5 pertandingan ujicoba, Yunani hanya menang satu kali melawan Georgia, 3 kali seri melawan Slovenia, Belgia dan Rusia, dan satu kali kalah melawan Rumania.

Timnas Rusia akan turun dengan kekuatan terbaiknya di Euro 2012 ini. Pemain andalan Rusia ada Roman Shirokov, Andrey Arshavin, Alan Dzagoev dan Alexander Kherzakov. Namun pada laga ujicoba, Rusia mendapatkan hasil kurang memuaskan. Menghadapi tim sekelas Lithuania yang menduduki peringkat 89 FIFA, Rusia hanya mampu bermain imbang 0-0. Rusia juga ditahan imbang Uruguay dengan skor 1-1. Namun kepercayaan timnas Rusia meningkat setelah berhasil menaklukkan Italia dengan skor 3-0 pada laga ujicoba terakhir tanggal 2 Juni 2012.

Ceko pada euro 2012 sempat khawatir dengan kondisi striker Milan Baros yang cedera. Penyerang veteran Republik Ceko, Milan Baros, diragukan dapat memperkuat negaranya pada pertandingan Piala Eropa 2012 namun kabar terakhir menyebutkan Milan Baros telah pulih dari cedera paha dan akan diturunkan saat Rep Ceko berhadapan dengan Rusia pada pertandingan pertama mereka di Euro 2012. Ceko pada Euro 2012 ini merupakan tim yang harus diperhitungkan. Pada laga ujicoba terakhir, mereka tidak terkalahkan. Ceko berhasil menang lawan Israel 2-1, seri 1-1 lawan Irlandia, menang lawan Montenegro 2-0. Dan menang 4-1 lawan Lithuania.

Sulit menghitung siapa yang akan lolos ke babak berikutnya di Grup A karena mereka semua  mempunyai kekuatan yang sama. Polandia paling berpeluang lolos karena disamping faktor tuan rumah, Polandia juga memiliki tim yang tangguh terutama dengan trio Borussia Dortmund-nya. Tim kedua yang lolos bisa jadi Ceko atau Rusia. Sementara Yunani masih kurang diunggulkan tapi kejutan masih bisa saja terjadi.


Jadwal di Grup A yang disiarkan RCTI
Polandia vs Yunani  - Jumat 8 Juni 2012 jam 21.00 WIB
Rusia vs Ceko  - Sabtu 9 Juni 2012 jam 01.00 WIB
Yunani vs Ceko  - Selasa 12 Juni 2012 jam 22.15 WIB
Polandia vs Rusia - Rabu 13 Juni 2012 jam 01.00 WIB
Ceko vs Polandia - Minggu 17 Juni 2012 jam 01.00 WIB
Yunani vs Rusia - Minggu 17 Juni 2012 jam 04.00 WIB (Delay)


Prediksi pertandingan di Grup B (Belanda, Denmark, Jerman, Portugal)

Belanda menjadi salah satu tim favorit juara di Piala Eropa 2012. Kali ini Belanda berada di Grup B yang disebut-sebut sebagai ‘grup neraka’. Belanda saat ini diperkuat pemain bintang mereka seperti Van Persie, Ibrahim Afellay, dan Wesley Sneijder. Pada Euro 2012 ini Belanda mungkin tidak diperkuat bek andalan mereka, Mathijsen karena kondisinya belum pulih sepenuhnya dari cedera. Pada laga ujicoba Belanda kalah 1-2 dari Bulgaria dan juga kalah dari klub Bayern Munchen dengan skor 3-2. Walaupun begitu kemudian Belanda berhasil memperbaiki ketepatan dan kecepatan serangan mereka. Pada laga ujicoba terakhir Belanda berhasil menang besar dengan menggilas Irlandia Utara 6-0.

Tim nasional Denmark pada Euro 2012 ini tidak diperkuat Penjaga gawang andalannya, Thomas Sorensen akibat mengalami cedera punggung. Hal itu makin membuat peluang Denmark di ajang Euro 2012  semakin berat. Pada laga ujicoba terakhir, Denmark kalah dari Brasil 1-3 dan menang 2-0 atas Australia. Tim Denmark memang lumayan bagus namun mereka akan kesulitan menghadapi Belanda, Jerman, dan Portugal.

Jerman yang memiliki rekor tiga kali juara Eropa dan tiga kali sebagai runner up memang layak diunggulkan. Jerman punya pemain dengan bakat-bakat luar biasa seperti Muller, Ozil, Podolski, Miroslav Klose dan Mario Gomez. Kesiapan Jerman untuk bersaing di euro 2012 bisa dikatakan sangat matang. Namun karena kekalahan 3-5 dari Swiss dan kemenangan 2-0 yang tidak terlalu mengesankan atas Israel membuat beberapa kalangan di dalam negeri pesimistis dengan peluang Jerman.

Peluang Portugal untuk lolos dari putaran penyisihan Grup B dinilai kecil. Portugal memang terlalu bergantung pada sosok Ronaldo yang merupakan salah satu pemain terbaik kelas dunia. Namun, sepakbola tidak dimenangkan sendirian. Portugal sendiri memetik hasil kurang memuaskan di dua laga ujicoba terakhir. Setelah ditahan imbang tanpa gol oleh Macedonia, Portugal ditumbangkan Turki 3-1 pada laga uji coba terakhir.

Grup B menjadi paling sulit untuk diprediksi karena diisi tim-tim kuat kelas dunia. Namun banyak orang yang memprediksi Jerman dan Belanda akan lolos di Grup B.

Jadwal Euro 2012 di Grup B yang disiarkan RCTI
Belanda vs Denmark - Sabtu 9  Juni 2012 jam 22.15 WIB
Jerman vs Portugal - Minggu 10 Juni 2012 jam 01.00 WIB
Denmark vs Portugal - Rabu 13 Juni 2012 jam 22.15 WIB
Belanda vs Jerman - Kamis 14 Juni 2012 jam 01.00 WIB
Portugal vs Belanda - Senin 18 Juni 2012 jam 01.00 WIB
Denmark vs Jerman - Senin 18 Juni 2012 jam 04.00 WIB


Prediksi pertandingan di Grup C (Spanyol, Italia, Kroasia, Irlandia)

Spanyol  saat ini merupakan tim tangguh. Mereka tim yang menjadi juara dunia sekaligus juara Eropa tapi mempertahankan gelar Euro akan jauh lebih sulit ketimbang memenanginya pertama kali. Spanyol memiliki kualitas pemain yang sangat bagus terutama pemain mereka yang memperkuat Real Madrid dan Barcelona. Beberapa pemain andalan Spanyol yaitu Fernando Torres, Fernando Llorente, Roberto Soldado dan Alvaro Negredo. Namun Timnas Spanyol harus rela tampil di Euro 2012 tanpa dua pemain andalan mereka, Carles Puyol dan David Villa karena cedera. Pada ujicoba terakhir melawan Korea Selatan, Spanyol menang  4-1 dan menang tipis 1-0 atas China.

Italia saat ini sedang dibelit masalah dengan tuduhan pengaturan skor yang mencoreng wajah timnas. Skandal ini menjadi pukulan telak bagi timnas Italia yang sedang mempersiapkan diri ke Euro 2012 di Polandia-Ukraina. Pelatih Italia Cesare Prandelli bahkan langsung mencoret Criscito dari timnas karena masuk dalam daftar tersangka. Pada euro 2012 nanti, Italia berharap pada penyerang mereka, Mario Balotelli. Kemampuan Italia pada Euro 2012 ini diragukan karena pada tiga laga terakhir Italia kalah, yaitu 0-1 dari Uruguay, 0-1 dari Amerika Serikat, dan 0-3 dari Rusia.

Piala Eropa 2012 adalah kali keempat Kroasia lolos ke putaran final. Kroasia memiliki pemain-pemain yang bagus antara lain bek Darijo Srna, pemain tengah Luca Modrid, dan pemain depan Eduardo Da Silva. Pada laga ujicoba terakhir Kroasia hanya bermain imbang 1-1 menghadapi Norwegia. Sebelumnya Kroasia sukses menekuk Estonia 3-1.

Republik Irlandia diyakini bisa menyulitkan langkah lawan-lawannya di Gurp C. Irlandia saat ini mengandalkan pemain senior mereka seperti Shay Given yang berusia 36 tahun, John O’Shea berusia 31 tahun, Richard Dunne berusia 32 tahun, Damien Duff berusia 33 tahun serta Robbie Keane berusia 31 tahun. Irlandia Lolos ke putaran final EURO 2012 setelah memenangkan laga melawan estonia di babak play off. Pada ujicoba terakhir, Irlandia hanya bermain imbang 0-0 melawan Hungaria.


Spanyol diprediksi untuk dapat lolos pada babak penyisihan di Grup C ini, bahkan Spanyol juga menjadi favorit juara. Untuk tim kedua yang lolos, kebanyakkan pecinta bola berharap Italia juga lolos tapi ada juga yang memprediksi Irlandia yang akan lolos. Peluang Irlandia untuk lolos babak berikutnya diakui amat kecil. Namun itu bisa saja tejadi melihat tim lawan mereka seperti Italia  yang masih menghadapi masalah. Sementara Kroasia juga belum menunjukkan kualitas terbaik mereka.

Jadwal Euro 2012 di Grup C yang disiarkan RCTI
Spanyol vs Italia  - Minggu 10 Juni 2012 jam 22.15 WIB
Irlandia vs Kroasia - Senin 11 Juni 2012 jam 01.00 WIB
Italia vs Kroasia - Kamis 14 Juni 2012 jam 22.15 WIB
Spanyol vs Irlandia - Jumat 15 Juni 2012 jam 01.00 WIB
Kroasia vs Spanyol - Selasa 19 Juni 2012 jam 01.00 WIB
Italia vs Irlandia - Selasa 19 Juni 2012 jam 04.00 WIB



Prediksi pertandingan di Grup D (Ukraina, Swedia, Francis, Inggris)

Ukraina diuntungkan karena bermain sebagai tuan rumah. Tapi kemampuannya memang belum teruji karena tim ini otomatis lolos ke putaran final Euro 2012 karena status tuan rumah. Persiapan timnas Ukraina menuju Piala Eropa 2012 juga sempat terganggu karena sebagian pemainnya mengalami sakit perut namun kini sudah pulih. Banyak hal yang membuat orang berpikir bahwa peluang Ukraina memang kecil. Dalam beberapa ujicoba, tim ini juga kalah. Ketika bermain menghadapi Turki, Ukraina takluk 0-2. Ukraina juga sebelumnya dalam laga ujicoba dikalahkan Austria 2-3.

Swedia  tak pernah dianggap sebagai favorit dalam setiap turnamen di Eropa. Apalagi di grup ini ada Francis dan Inggris. Walaupun begitu Swedia tidak bisa dianggap remeh. Swedia memiliki pemain senior seperti Zlatan Ibrahimovic, Anders Svenson, Kim Kallastrom, Andreas Isaksson dan Cristian Wilhelmsson. Zlatan Ibrahimovic pemain Swedia ini tentu akan menakutkan bagi pemain bertahan lawan. Kemenangan Swedia 2-1 atas Serbia di pertandingan uji coba terakhir juga bisa membuat Swedia menjadi percaya diri di Euro 2012 ini.

Prancis memiliki modal yang cukup bagus untuk Euro 2012 kali ini. Francis memiliki Bintang Bayern Muenchen, Franck Ribery dan bintang Real Madrid, Karim Benzema. Juga jangan lupa masih ada Malouda dan Nasri. Timnas Francis juga selalu menang di empat laga uji coba sepanjang tahun 2012, di mana salah satunya adalah mengalahkan Jerman di kandangnya.

Inggris sepertinya mungkin akan mengalami kesulitan di Grup D karena absennya Frank Lampard, Gareth Barry, dan Gary Cahill. Belum lagi absennya ujung tombak Wayne Rooney di dua pertandingan awal membuat Inggris sedikit diragukan di Euro 2012. Inggris akan bermain tanpa Rooney saat mereka harus berhadapan dengan Perancis dan Swedia. Wayne Rooney menerima hukuman larangan bermain pada dua laga pertama Euro 2012. Dia mendapatkan kartu merah ketika melawan Montenegro pada Oktober 2011. Baru kali ini Inggris tidak dijagokan dalam sebuah turnamen. Bahkan, banyak yang pesimistis Inggris bisa lolos dari grup. Namun begitu masih ada pemain-pemain muda Inggris yang siap memperbesar peluang lolos. Pada saat uji coba, Inggris bisa menang 1-0 melawan Belgia pada Sabtu 2 Juni lalu .


Prancis dan Inggris adalah dua tim yang difavoritkan lolos dari Grup D. Walaupun begitu mereka harus berhati-hati terhadap Ukraina dan Swedia.


Jadwal Euro 2012 di Grup D yang disiarkan RCTI
Perancis vs Inggris   - Minggu 11 Juni 2012 jam 22.15 WIB
Ukraina vs Swedia - Selasa 12 Juni 2012 jam 01.00 WIB
Ukraina vs Perancis  - Jumat 15 Juni 2012 jam 22.15 WIB
Swedia vs Inggris  - Sabtu 16 Juni 2012 jam 01.00 WIB
Inggris vs Ukraina  - Rabu 20 Juni 2012 jam 01.00 WIB
Swedia vs Perancis  - Rabu 20  Juni 2012 jam 04.00 WIB]]>

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan pesan | Auto Approve Blog | Prediksi Bola

adminutama's Profile on Ping.sg 
loading...
Worldbannerexchange Banner
Worldbannerexchange BannerWorldbannerexchange Banner

Followers